Kabar-Kabar Seputar Umroh

Walaupun tidak semahal ibadah haji, ibadah umroh toh membutuhkan banyak biaya, sehingga banyak orang yang berusaha mencari jalan agar mereka bisa mendapat biaya untuk mendaftar ke paket perjalanan umroh. Salah satunya adalah dengan mendafatar umroh lewat MLM travel umroh yang saat ini memang sangat marak dan bermunculan dimana-mana. Jasa ini pun mengklaim memberikan berbagai macam layanan yang sangat meringankan mereka yang ingin umroh namun tak punya biaya.

Tawaran yang diberikan jasa MLM umroh ini antara lain adalah biaya paket umroh yang lebih murah daripada biro konvensional, bahkan layanan elstra berupa dana talangan, yang diperuntukkan bagi mereka yang masih memerlukan waktu untuk mengumpulkan biaya umroh namun ingin segera berangkat. Akan tetapi, ternyata keberadaan MLM travel umroh ini bukan tanpa resiko.

Resiko Ikut MLM Travel Umroh
Sudah banyak kasus usaha MLM yang menawarkan paket perjalanan umroh, namun kemudian malah melarikan diri dengan uang para calon jamaah. Atau ada juga yang berkoar memberikan jasa dana talangan dulu, namun ternyata kemudian ketahuan bahwa jasa tersebut memutar uang yang disetor jamaah sehingga kemudian ia tak bisa memenuhi janjinya memberangkatkan jamaah.
Maraknya kasus ini telah membuat Kementrian Agama terus secara serius mengusut banyak biro travel umroh yang menjakankan praktik MLM travel umroh, apalagi yang melayani permintaan dana talangan. Bahkan, bukan hanya travel MLM yang dikut diperiksa, namun juga bank yang memberikan layanan pemberian dana talangan untuk umroh walaupun sebenarnya tidak diijinkan.
Hal tersebut karena dana talangan lebih bersifat spekulasi (yang tentu tak sesuai dengan semangat ibadah suci) dan tidak relevan dengan salah satu syarat untuk ibadah haji dan umroh: bahwa yang melakukan memang harus sudah memiliki kemampuan finansial untuk melakukan hal tersebut.

Solusi untuk Calon Jamaah
Jadi, apa solusi untuk Anda? Tentu saja Anda bisa bersikap lebih waspada dengan mengikuti cara lama: menabung untuk mendapatkan dana ibadah umroh. Cara ini memang lebih lama, tetapi tanpa spekulasi dan tentunya akan lebih memuaskan bagi Anda, daripada rugi karena memercayai MLM travel umroh.

Umat muslim biasanya bermimpi untuk bisa melakukan ibadah haji, namun ketika belum mampu biasanya mereka memilih untuk melakukan ibadah umroh dulu. Ibadah ini memang tidak setingkat haji, namun sama-sama memberi keberkahan. Layaknya setiap aktifitas yang menjanjikan imbalan besar berupa pahala, tentu saja Anda harus melalui proses yang panjang dan rumit sebelum akhirnya benar-benar bisa menginjakkan kaki di tanah suci.

Semua proses tersebut memang harus dijalani, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan beberapa trik untuk sedikit meringankan semua kegiatan tersebut. Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda coba untuk membantu melalui ibadah umroh.

Gunakan Jasa Travel
Menggunakan jasa travel umroh ini bukan lagi saran, melainkan kewajiban. Selain lebih mudah bagi Anda, yang tinggal membayar sambil menyediakan dokumen yang diperlukan, menggunakan jasa travel juga mempermudah pembuatan visa di kedutaan Arab Saudi di Indonesia karena biasanya orang yang umroh mandiri (tanpa jasa travel atau biro) tak dilayani untuk pembuatan visanya.

Bawa Uang Riyal dari Indonesia
Ibadah umroh biasanya tak lengkap tanpa membeli oleh-oleh, dan Anda mungkin juga harus mengeluarkna sedikit uang selama di sana sekalipun tak banyak membeli barang. Daripada menukarkan uang Rupiah di sana, tukarkan saja uang Rupiah Anda di Indonesia untuk mendapat harga kurs lebih murah. Nilai tukar untuk 1 Riyal adalah sekitar 2500 Rupiah.

Beli Nomor Telepon Lokal
Jika Anda ingin sering-sering menelepon atau SMS, beli nomor lokal di sana, karena tarifnya bisa 3 hingga 4 kali lebih mahal daripada jika memakai nomor lokal bahkan hanya untuk ber-SMS. Plus, lebih baik beli saja ponsel standar murah untuk dipakai di tanah suci, karena bahkan di sini, Anda tidak akan lolos dari pencopet jika tak hati-hati.

Dekatlah dengan Pria Muhrim
Anda yang wanita mungkin terbiasa mandiri, namun saat tiba di Jeddah dan selama di tanah suci sebaiknya selalu bersama dengan pria muhrim yang mendampingi Anda, untuk menjaga nama baik dan agar selalu aman. Mulai dari periksa paspor hingga selesai ibadah umroh pun sebaiknya selalu berdekatan.

You are here: Home Berita Kabar Umroh

Partner Asuransi

Design templateJamaah umroh dan haji ALFATIH Travel dilindungi asuransi.

Tangan Di Atas

DocumentationSebagian dari rizqi kami adalah hak bagi mereka.

Pelayanan Prima

Pelayanan Prima Pelayanan bimbingan ibadah menjadi tujuan utama kami.

Support